Kajian Indramayu » Bahasan » Aqidah » Syirik dan Macam-macamnya – Ustadz Rofiq Zaidan

Pemateri: Ustadz Rofiq Zaidan
Materi: Syirik dan Macam-macamnya
Lokasi: Masjid Al-Istiqomah, Jatibarang


Apa itu Syirik?

Syirik menurut bahasa artinya: mempersekutukan, menduakan, menjadikan sesuatu menjadi dua. Sedangkan syirik menurut istilah artinya: mempersekutukan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan makhluk-Nya. Atau menjadikan Allah tandingan. Dia menyembah Allah, juga menyembah selain Allah. Dia berdoa kepada Allah dan juga berdoa kepada selain Allah.

Pengertian ini diambil dari hadits Nabi: “Engkau menjadikan sekutu bagi Allah, sedangkan Allah yang menciptakanmu.”

Kapan Munculnya Kesyirikan?

Pada masa nabi Nuh ‘alaihis salam. Karena nabi Nuh merupakan rasul yang pertama.

Pada masa nabi Adam sampai sebelum nabi Nuh, manusia masih mentauhidkan Allah. Kemudian pada masa nabi Nuh, muncullah kesyirikan. Dimana umat beliau membuat patung, yang mana patung tersebut adalah patung orang-orang shalih. Tujuannya agar anak keturunan mereka tahu, dan bisa meneladani orang-orang shalih tersebut.

Namun yang terjadi adalah, saat generasi tua meninggal, generasi yang baru dibisiki oleh setan agar menjadikan patung-patung itu perantara dalam beribadah, berdoa kepada Allah. Maka mulailah mereka menyembah patung-patung tersebut.

Nabi Nuh ditugaskan untuk mendakwahi mereka. Maka inilah dakwah para rasul, yaitu mendakwahkan tauhid kepada umat, hingga masa nabi muhammad.

— menit ke 11 —

Add comment

Your email address will not be published.